Januari 26, 2011

Spesifikasi HD-DVD dan Blu-ray, Ooo Beda ya?


Meskipun perangkat pendukung Blu-ray dan HD-DVD, baik perekam maupun pemutar definisi tinggi (high definition) diharapkan memiliki tampilan dengan kualitas seimbang, ada perbedaan teknis antara kedua format.

Blu-ray - Spesifikasi Umum:

Kapasitas Penyimpanan – Pre-recorded Playback Material (BD-ROM): Single-layer (25GB) - Dual-layer (50GB)

Kapasitas Penyimpanan: Home Recording (BD-R/BD-RE): Single-layer (25GB) - Dual-layer (50GB)

Data Transfer Rate: 36-48 Mbps (Megabits per Second) rata-rata - mampu sampai dengan 54 MPS - ini melebihi 19,3 Mbps kecepatan transfer disepakati untuk siaran HDTV.

Properties Disc: Format baru yang membutuhkan pembaruan dan / atau konstruksi manufaktur disk baru serta alat baru untuk memproduksi masal.

Spesifikasi Video: Kompatibel dengan Encoding MPEG2 penuh, serta MPEG4 dan VC1.

Spesifikasi Audio: Hanya Dolby Digital, DTS, dan PCM tak terkompresi yang kompetible dengan semua mesin pemutar yang beredar. Namun, format berikut adalah opsional - Dolby Digital Plus, Dolby TrueHD, DTS-HD (maksudnya, bisa jadi juga kompetibel tergantung merk dan tipe).

Jaringan Kemampuan: Meskipun format Blu-ray mendukung kemampuan jaringan dan internet, built-in port jaringan dan ethernet pada masing-masing pemutar Blu-ray adalah opsional.

HD-DVD - Spesifikasi Umum:

Kapasitas Penyimpanan - Pre-recorded Playback Material (HD-DVD-ROM): Single-layer (15GB) - Dual-layer (30GB) - Triple Layer (51GB - dikembangkan, tetapi tidak pernah dibawa ke pasar).

Kapasitas Penyimpanan - Home Recording (HD-DVD-R/HD-DVD-Rewritable): Single-layer (20GB) - Dual-Sided Disc (40GB) - Dual Layer (35GB - diusulkan).

Data Transfer Rate: 36 Mbps (Megabits per Second) - ini melebihi 19,3 Mbps kecepatan transfer disetujui untuk siaran HDTV.

Properties Disc: Format mirip dengan struktur yang ada pada DVD standar, memerlukan sedikit upgrade dan pembaruan pada manufaktur kepingan DVD dan produksi masal.

Video Spesifikasi: Kompatibel dengan MPEG2, MPEG4, dan VC1 Encoding.

Audio Spesifikasi: Semua pemutar HD-DVD menggunakan teknologi yang kompetible hanya dengan - Dolby Digital Plus, Dolby TrueHD, DTS-HD, dan PCM terkompresi , serta standar Dolby Digital dan DTS.

Jaringan Kemampuan: Semua pemutar HD-DVD diharuskan untuk melengkapi diri dengan built-in port Ethernet untuk men-download update firmware dan fitur-fitur interaktif lainnya.


Sumber: http://hometheater.about.com/od/dvdbasics/a/bluhddvdinfo.html

Selanjutnya: Dibalik HD-DVD dan Blu-ray, cara kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar