Januari 26, 2011

Di Balik Blu-ray dan HD-DVD, Cara Kerja


Walau perangkat pendukungnya berbeda, tapi prinsip kerja HD-DVD dan Blu-ray sebenarnya mirip. Keduanya sama-sama bekerja pada blue laser technology atau teknologi laser biru, yang memiliki panjang gelombang yang jauh lebih pendek (405 nm) dari pada red laser atau laser merah (650 nm)yang digunakan pada teknologi DVD biasa. Dengan panjang gelombang ini lebih mudah untuk memfokuskan sinar laser dan lebih akurat. Maksudnya begini, data dapat disimpan lebih rapat/padat sehingga memerlukan ruang yang lebih kecil, jadi dengan ukuran kepingan yang sama dengan DVD standar, kepingan HD-DVD atau Blu-ray dapat menyimpan jauh lebih banyak.

Ide di balik pembuatan HD-DVD cukup simple: berpenampilan seperti DVD dan bekerja seperti DVD, hanya saja menyimpan lebih banyak informasi. Sebuah DVD dapat menampung video (dengan definisi standar) berdurasi 2 jam, sedangkan HD-DVD dapat menapung durasi antara 4 – 8 jam.

Begini kira-kira cara HD-DVD bekerja, sebuah kepingan HD-DVD menyimpan informasi sebagai rangkaian lubang-lubang mikroskopis yang disusun dalam sebuah spiral yang sangat panjang. Laser biru membaca lubang-lubang ini dari sisi lain, jadi melihat mereka sebagai benjolan (bump). Benjolan-benjolan ini memantulkan cahaya laser ke sensor. Elektronik dalam DVD player membaca informasi dari sensor sebagai sinyal digital lalu diterjemahkan ke layar.

Sedangkan Blu-ray sendiri tidak terlalu banyak publikasi bagaimana caranya bekerja (rahasia perusahaan kali ya) yang pasti Blu-ray dapat merekam, menyimpan, dan memutar kembali video high definition dan audio digital seperti seperangkat computer. Kelebihannya adalah jumlah data yang dapat ditampungnya:

  • Lapisan-tunggal kepingan Blu-ray, yang kira-kira ukuran yang sama seperti DVD, dapat menyimpan hingga 27 GB data - yang lebih dari dua jam video high-definition atau sekitar 13 jam video standar.

  • Lapisan-double kepingan Blu-ray dapat menyimpan hingga 50 GB, cukup untuk menampung sekitar 4,5 jam video high-definition atau lebih dari 20 jam video standar. Dan bahkan Pioneer, salah satu perusahaan pengembang Blu-ray, sudah memiliki rencana untuk mengembangkan disk dengan kemampuan jumlah penyimpanan sampai dua kali lipat (100 GB).


    Sumber:

    http://www.blu-ray.com/info/

    http://electronics.howstuffworks.com/hd-dvd.htm

    http://electronics.howstuffworks.com/blu-ray.htm


Tidak ada komentar:

Posting Komentar