Februari 27, 2011

Make Over Android Market

Baru 2 minggu saya tidak mengunjungi situs Android Market, saya cukup terkejut dengan perubahan drastis tampilan dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Yang saya bicarakan disini adalah Android Market versi komputer, maksudnya bila kita browse Android Market lewat internet di komputer. Sedangkan versi ponselnya tidak ada perubahan. Ibarat di-make over, perubahan tampilan Android Market versi komputer menjadi lebih enak dipandang dan juga memudahkan kita untuk mencari dan men-download aplikasi yang kita mau.

Sebelum ini, kalau mengunjungi situs Android Market, kita hanya bisa mencari dan melihat list aplikasi yang tersedia (baik yang berbayar ataupun yang gratisan) tanpa bisa mendownloadnya. Tampilannya pun cukup zuhud (sederhana :P), mengingat ini situs baru yang masih dalam pengembangan. Karena kendala download, saya pernah mencoba ke situs lain yang ada embel-embel Androidnya. Ternyata, sekalipun ada situs yang menyediakan informasi aplikasi android biasanya situs tersebut hanya menyediakan link atau QR-Code aplikasi yang bersangkutan dan kita tetap harus mengakses Android Market dari ponsel.
Intinya, Jika ingin mendownload aplikasi baru siapkan pulsa internet anda atau cari hotspot gratisan.

Berita bagusnya, setelah di make over, kita bisa masuk ke Android Market dengan account google kita (makin mantep aja nie google, satu account buat semua.... jadi makin cinta duh..duh..). Dengan account google ini kita bisa melihat account Android market kita plus gadget yang sudah kita daftarkan beserta semua aplikasi yang kita download dari market. Apabila ponsel/gadget kita sedang terhubung ke komputer, kita bisa langsung mendownloadnya. Selanjutnya jika versi android dan gadget punya kita "selevel" dengan aplikasi yang mau didownload, maka proses selanjutnya tidak ada akan masalah. Kalaupun ada masalah, paling masalahnya terletak pada pulsa internet anda.

Masih ada "tapi"nya... Tapi, download tetap hanya bisa dilakukan dari akses langsung ponsel ke Android Market. Baik itu dengan koneksi WiFi atau via operator seluler. Jadi, ketika kita akses android market via WiFi jangan lupa mengaktifkan WiFi di ponsel kita juga. Sebab apabila koneksi internet ponsel kita non-aktif, kita harus mencari ulang aplikasi yang kita inginkan ketika ponsel sudah terhubung ke internet. Tanpa koneksi internet di ponsel, agak buang-buang waktu juga kalau browse android market lewat komputer.

Secara keseluruhan, android market sangat serius diciptakan untuk mendukung android (biar tidak kalah saing dengan AppStore atau Samsung Apps). Applikasinya beragam, kalau istilah orang betawi "lu jual gue beli, lu mau gue ade". Asal jangan over loaded saja, ini bisa menyebabkan android kita jadi lambat.

Selamat berjalan-jalan di pasar android ^_^.


Sumber: Android Market

Tidak ada komentar:

Posting Komentar